Entri Populer

Rabu, 13 Oktober 2010

Jebakan Rutinitas

Salah satu jebakan aktivitas yang bisa membuat kebosanan adalah jebakan rutinitas. Rutinitas yang berarti melakukan segala sesuatu dengan ajeg. Stagnan. Selalu melakukan aktivitas yang sama setiap hari. Padahal, terjebak dalam rutinitas akan membuat seseorang itu kehilangan gairah kerja. Kehilangan semangat. Hal ini dikarenakan ia sudah terlalu sering dan biasa melakukannya. Akhirnya, ia merasa tidak pernah ada yang spesial dari aktivitasnya.

Siapa yang tak ingin bosan dalam aktivitasnya, maka ia tidak boleh terjebak dalam kunkungan penjara rutinitas. Perhatikan! Sesuatu itu jika sudah dilakukan secara berulang-ulang, maka ia akan cenderung membosankan. Jika aktivitas itu membosankan, lalu apa enaknya? Anda akan "boring" dan akhirnya "mati" perlahan.

Jebakan rutinitas ini bisa menimpa siapa saja. Apapun profesi kita dan dimanapun level karir kerja kita. Sesungguhnya kita memiliki peluang yang sama untuk terjebak dalam penjara rutinitas. Sebuah penjara perasaan yang lebih mengerikan dari penjara bawah tanah zaman militer (lebay ya..). Tapi ini benar lho. Bayangkan, Anda masuk penjara bawah tanah yang gelap gulita. Tanpa cahaya. Tanpa teman. Tanpa kawan untuk bicara. Setiap hari aktivitas Anda hanyalah makan dan tidur. Saat itu, semuanya tak ada artinya, karena Anda perlahan akan menjadi stress. Jika hal ini terus dilanjutkan, maka bukan hal yang mustahil Anda akan menjadi GILA. Mengerikan bukan? Mungkin inilah model penjara yang cocok sebagai hukuman untuk para KORUPTOR di Indonesia (he..he..).

Nah lo! Hati- hati ya. Jangan sampai kita terjebak dalam rutinitas. Jika kita terbiasa melakukan kegiatan yang rutin dan berulang-ulang terus setiap hari, sesekali lakukanlah variasi. Lakukanlah hal-hal yang berbeda agar kita tidak bosan yang pada akhirnya akan menurunkan gairah kerja kita. Lakukanlah hal yang berbeda, asal tetap dalam batasan yang baik. Batasannya adalah kita berkreatifitas sebebas-bebasnya dalam koridor pekerjaan kita tetap terselesaikan dengan baik. Variasi itu ada bermacam-macam. Tergantung kegiatan rutin yang biasa kita lakukan.

Jika Anda adaah seorang Mahasiswa. Jangan terjebak dalam rutinitas. Siklus gerak Anda mungkin seperti ini: Kost, Kampus, Kantin, Warnet, dst. Sesekali lakukanlah hal yang berbeda. Jika Anda biasanya bangun pagi, sholat subuh, lalu tidur lagi. Sesekali lakukanlah olah raga pagi. Jika biasanya berangkat kuliah lewat jalan yang ramai, sesekali lewatlah "jalan tikus". Jika biasanya membawa motor, sesekali Anda perlu jalan kaki. Jika biasanya makan di warung kucingan yang biasa-biasa saja. Sesekali menabunglah dan makanlah di kafe yang bergengsi dengan menu yang enak-enak dan mahal. Tujuannya hanyalah, agar Anda tidak bosan dan bahkan Anda akan mendapatkan pengalaman baru.

Jika Anda adalah seorang pegawai kantoran yang biasanya berangkat jam 8.00 pulang jam 16.00. Anda masuk kantor, duduk, lalu mengerjakan tugas Anda. Lakukanlah variasi agar Anda tidak bosan. Sesekali, berangkatlah lebih pagi dan masuklah ruang kerja Anda. Lalu ubah sedikit layout meja kerja Anda. Atau ubahlah urutan kerja Anda. Syaratnya adalah pekerjaan Anda tidak terbengkalai. Atau ketika Anda pulang kerja, sesekali buatlah suasana yang berbeda. Belilah oleh-oleh kecil buat Istri Anda yang setia menunggu di rumah. Jika biasanya di hari Minggu Anda istirahat, sesekali keluarlah untuk rekreasi bersama keluarga… enak to, mantab to..

Masih banyak permisalan yang lain. Tapi pada dasarnya adalah berhati-hatilah dengan jebakan rutinitas. Berkreasilah dalam aktivitas rutin yang Anda jalani, agar Anda tidak jemu, bosan, dan stress.

Perhatikan! Kreatiflah dalam rutinitas, maka Anda akan tetap pada gairah kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rekan, silahkan berkomentar di blog Zali Jauhari.