Entri Populer

Selasa, 28 Juni 2011

Mulailah!

Selamat Pagi! Rekan-rekan di seluruh Indonesia. Pagi hari senantiasa membawa semangat dan harapan baru. Apapun rencana Anda di pagi hari ini semoga semuanya dapat berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang terbaik.

Beberapa waktu yang lalu, setelah menyaksikan iklan di TV mengenai majalah el shinta yang memuat profil Om Bob Sadino. Saya langsung mencari majalah tersebut. Agak sulit memang karena di Pati majalah el shinta kurang familiar dibandingkan dengan majalah lain. Selain itu juga mungkin karena minat baca masyarakat pati yang juga mungkin masih rendah. Setelah muter-muter berkeliling Pati kota akhirnya dapat juga. Langsung Saya baca pada halaman yang dimaksud. Mak nyus!! Ternyata Om Bob Sadino memang unik. Jalan pikirannya tidak seperti orang-orang pada umumnya.

Salah satu pendapat Om Bob yang Saya sukai adalah keberaniannya memulai dan mengambil resiko. Menerima resiko baik positif maupun negatif. Keduanya harus diterima sebagai anugerah dari Tuhan. Om Bob dengan resep "Goblok"nya ternyata lebih cerdas dari yang Saya kira. Jalan pikirnya yang terbalik itulah yang menurut Saya luar biasa di tengah kegemaran para pengusaha yang pelit ilmu dan berbasa-basi.

Mulailah! Itulah keberanian pertama yang harus dimiliki pecinta bisnis. Tanpa memulai, Anda hanya akan diam di tempat dan tidak akan kemana-mana. Bukankah Anda tidak akan sampai pada tujuan jika tidak melakukan sesuatu. Anda akan stagnan dan hanya bermonolog dengan diri Anda sendiri. Anda hanya akan menyalahkan atau membenarkan pendapat Anda dengan standart Anda sendiri. Bukankah seribu langkah itu dimulai dari langkah pertama. Jika tak ada langkah pertama mana mungkin ada langkah kedua dan seterusnya. Meniti sukses itu seperti meniti tangga, satu per satu urut dari bawah. Titilah tangga itu sesuai kemampuan Anda. Kalau hanya mampu setahap demi setahap tak perlu memaksakan lebih dari itu karena itu hanya akan menghancurkan Anda.

Mulailah mengeksekusi impian Anda. Tak peduli besar atau kecil, Anda akan menyelesaikannya jika Anda memulai.

Jika saat ini bermimpi menjadi pedagang bakso yang hebat. Rencanakanlah secara umum. Mulailah dengan eksperimen Anda. Bertemulah dan belajarlah dari "ahlinya bakso" menurut Anda. Datangilah lokasi tempat rencana Anda berdagang. Buatlah gerobaknya, tendanya, dan seterusnya. Jika bermimpi menjadi dokter dan saat ini Anda masih duduk di bangku sekolah. Belajarlah dengan rajin, katakan pada orang tua Anda ingin menjadi dokter. Cari tahu tentang fakultas kedokteran di universitas yang diinginkan. Kalau perlu, datangi universitas itu, berkenalanlah dengan mahasiswanya dan katakan Anda ingin masuk kesana.

Sudah banyak Motivator Top yang mengajarkan untuk bermimpi dan berencana. Tapi tidak banyak yang mengajarkan caranya mengeksekusi ide Anda. Lalu buat apa seluruh mimpi, rencana, dan ide Anda jika hanya ada dalam alam tak nyata pikiran Anda. Mulailah! Jangan takut. Bangunlah dari mimpi dan bekerjalah, niscaya mimpi anda menjadi nyata. Bagaimana kalau gagal? Bangkit lagi. Rencanakan lagi. Gagal lagi. Bangkit lagi. Begitu terus persis seperti ketika dulu Anda belajar berjalan sewaktu kecil. Pasti ada satu momentum yang akan membuat kita sukses.

Hanya ada dua resiko dari action kita: Sukses atau Belajar Sukses. Tak ada gagal. Kata gagal itu hanya ada pada kamus orang-orang pengecut yang tidak berani bangkit. Cemen, baru diuji segitu saja sudah keok. Siap memulai??

Cintai Indonesia!
(silahkan baca jg tulisan sebelumnya berjudul "Berani Menentukan Pilihan")

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rekan, silahkan berkomentar di blog Zali Jauhari.